Sejarah Perkembangan Politik Indonesia dari Masa ke Masa

Sejarah Perkembangan Politik Indonesia dari Masa ke Masa

Indonesia adalah sebuah negara yang mempunyai asas politik bebas aktif. Politik Indonesia memberikan kebebasan bagi para rakyat untuk bisa menyalurkan semua pendapat atau aspirasinya. Hal ini bisa dilihat pada saat acara pemilu, rakyak diberikan kebebasan untuk memilih pemimpin bagi mereka. Sejak masa berakhirnya pemerintahan order baru yang dipimpin oleh Presiden Soeharto hingga di mulainya order baru, setaip pemilu di Indonesia bebas dan adil.

Mengenal Sejarah Perkembangan Politik Indonesia

Sejarah Perkembangan Politik Indonesia dari Masa ke Masa

Politik di negara Indonesia tentu saja mengalami perubahan dan perkembangan hingga terwujdunya sistem politik yang berlaku hingga saat ini. Indonesia pernah menganut beberapa sistem politik. Untuk mengetahuinya, berikut ini adalah penjelasan mengenai sejarah politik di Indonesia yang perlu Anda ketahui.

  • Politik pada masa Prakolonial

Munculnya sistem politik di mulai sejak masa prakolonial. Pada masa ini, Indonesia menganut sistem politik entitas. Sistem ini diterapkan dimana kepemimpinanya diwujudkan dari dalam diri seseorang yang memiliki banyak ketrampilan dan berkharisma. Selain itu, pemimpin tersebut mendeklarasikan diri sebagai seseorang mirip dengan Tuhan yang mempunyai kekuatan supernatural dan juga didukung oleh pasukan tetantara dan rakyat yang membayar upeti kepada raja pada saat itu.

  • Politik masa penjajahan

Kedatangan bangsa Eropa ke Indonesia karena tertarik dengan potensi perdangangan rempah-rempah. Ini menjadi salah satu titik balik di dalam sejarah Indonesia. Dengan berbekal teknologi yang canggih dan persejataan yang modern, portugis dan bekanada pada waktu itu berhasiln memegang kekuasaan perekonomian dan politik Indonesia. Selain itu, mereka juga memdominasi Indonesia dengan mulai menciptakan kerangka politik.

  • Politik orde lama yang dipimpin oleh Soekarno

Soekarno merupakan presiden pertama di Indonesia dan sekaligus menjadi ikon perjuangan nasiona dalam melawan penjajah. Akan tetapi, setelah kemerderkaan Indonesia bisa diraih, Soekarno memiliki tugas yang berat untuk menjadi seorang pemimpin untuk memimpin negara baru yang saat itu masih trauma dengan konflik yang ada di masa lalunya. Pada masa ini, politik di Indonesia belum tertata dengan baik. Bahkan banyak terjadi peperangan atau perdebatan terkait dengan dunia politik.

  • Politik masa order baru yang dipimpin oleh Soeharto

Soeharto adalah presiden kedua Indonesia. Pada masa pemerintahnnya, beliau berhasil mengambil kekuasaan di tengah adanya berbagai macam pergolakan. Pada masa pemerintahan order baru, politik di Indonesia yang bagus perkembangnya. Pada masa ini perekonomian Indonesia juga semakin lebih baik. Akan tetapi, ini semua dibawah tekanan pemimpin.

  • Politik era reformasi di Indonesia

Setelah berada di bawah pepemipinan yang sangat otoriter, politik  di Indonesia mengalami proses pembaharuan yang mana dilakukan untuk memberikan kekuatan yang lebih pada kekuasaan dan politik kepasa seluruh masyarakat Indonesia.

Periode ini dikenal dengan masa reformasi. Hal ini ditandai oleh adanya perubahan struktural dalam politik. Contohnya saja dilakukannya desentralisasi kekuasan ke daerah dan melakukan pembatasan kekuasaan presiden.

  • Politik masa kabinet sekarang

Sistem politik Indonesia saat ini dipimpin oleh presiden Jokowi. Belau memberi nama kabinet kerja.  Pada masa ini Indonesia , politik indonesia menggunakan sistem bebas aktif. Pada masa ini  terjadi sebuah kesepakatan konstitusi yang mana memperbolehkan kepresidenan hingag dua kali periode yang mana masing-masing selama 5 tahun. Dengan kata lain, presiden bisa menjabat atau menjadi pemimpin selama dua kali periode berturut-turut atas dadar pilihan masyarakat Indonesia tentunya.